Makanan Khas Sulawesi Tenggara

Makanan khas Sulawesi Tenggara

Makanan khas Sulawesi Tenggara – Mungkin banyak orang yang belum tahu, bahwa meskipun tanah Celebes tidak sebesar dan sepopuler tanah Jawa, namun disana banyak hal yang menarik untuk ditemui. Termasuk, di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara yang beribukotakan Kendari. Ada makanan khas Sulawesi Tenggara yang menarik dicicipi.

Makanan Tradisional Khas Sulawesi Tenggara

Apa saja makanan khas Sulawesi Tenggara? Berikut ulasannya Kami sajikan untuk Anda.

1. Sate Gogos Pokea

Salah satu daerah yang sering dikunjungi di provinsi ini adalah Buton. Jika Kamu datang kesini, jangan lupa cobain makanan khas Buton yang satu ini. Meski diluar Buton juga Kamu bisa menemukannya.

Jika mungkin Kamu biasa mendapati sate itu menggunakan daging ayam, kambing, atau sapi, maka sate gogos ini adalah sate kerang. Sebelum diberi bumbu, kerangnya direbus dulu. Rasa sate yang pedas tentunya bisa jadi moodbooster Kamu yang lagi males makan.

2. Ikan Dole

Olahan hasil laut lainnya yang juga populer di Sulawesi Tenggara adalah ikan dole.

Ikan ini adalah ikan yang berbahan dasar ikan tenggiri yang digiling lalu dicampurkan dengan kelapa parut sebelum digoreng. Biasanya dijadikan makanan sajian masyarakat saat mengadakan hajat tertentu.

3. Kabuto

Apakah ini makanan Jepang? Bukan. Meski namanya seperti bahasa Jepang, namun ini adalah khas Kendari.

Makanan ini merupakan kuliner berbahan dasar singkong dan ubi yang sudah mengalami proses pengeringan hingga ada jamurnya. Dalam penyajiannya, ditambahkan parutan kelapa untuk menambah citarasanya.

4. Kapusu Nosu

Bila Kamu penyuka makanan yang bertekstur lembut dan lembek-lembek, bisa cobain kapusu nosu yang merupakan makanan khas Wakatobi.

Makanan ini semacam bubur jagung yang dalam pengolahannya diberi campuran kacang merah dan santan. Biasanya, makanan ini disajikan ketika hangat. Maknyus tentunya Kita masuk ke mulut.

Baca juga: Makanan khas Manado

5. Sinonggi

Ada salah satu makanan yang sering digunakan sebagai sajian pada acara adat namun bisa juga Kamu coba walau tak ikut acara adat. Namanya sinonggi.

Kuliner dengan citarasa yang gurih ini memiliki bahan dasar saripati sagu yang dalam prosesnya diolah lagi dengan campuran rempah khas Kendari. Sejatinya, ini adalah makanan pokok yang bisa menjadi alternatif makan nasi.

6. Lapa-Lapa

Bukan. Makanan ini bukanlah kuliner yang berbahan dasar laba-laba yang sering Kamu jumpai di sudut rumah. Ini adalah makanan Sulawesi Tenggara yang berbahan dasar beras.

Lapa-lapa biasanya disajikan dalam bungkus daun pisang. Isiannya sendiri merupakan beras yang diolah dengan santan. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang gurih, menjadi makanan ini salah satu favorit orang Kendari.

7. Pisang Epe

Sulawesi Tenggara juga memiliki makanan khas yang berbahan dasar buah pisang. Namanya adalah pisang epe.

Bahan yang digunakan dalam pembuatannya biasanya berjenis pisang kepok. Sebelum disajikan, pisang ini dibakar dulu hingga setengah matang lalu dilumuri oleh gula merah yang cair.

8. Jus Patikala

Kalau Anda haus, jus patikala mungkin bisa menjadi solusi yang bisa Kamu pilih untuk untuk melepas dahaga.

Sesuai namanya, jus ini menggunakan buah patikala sebagai bahan utamanya. Buah yang banyak ada di Kolaka ini memiliki rasa yang kecut namun tidak pekat. Selain itu, memiliki khasiat yakni bisa membantu menjaga berat badan serta mengontrol tingginya kolesterol.

Oleh karena itu, selain dapat segarnya, Kamu juga bisa dapat khasiat menyehatkannya.

Nah, demikianlah ulasan yang bisa Kami berikan mengenai makanan khas Sulawesi Tenggara yang bisa Kamu icip-icip kalau sedang berada di sana. Tetap atur budget dan jaga kesehatan ya!

Anda mungkin juga suka...