6 Makanan Khas Manado Paling Wajib Untuk Dicicipi

Makanan Khas Manado

Makanan Khas Manado – Kota Manado adalah ibukota Provinsi Sulawesi Utara yang menjadi destinasi wisata kuliner terfavorit bagi wisatawan. Makanan khas Manado juga terkenal unik dan kaya akan rempah-rempah khas Indonesia.

Jika kebetulan Anda sedang berkunjung ke sana, silakan cicipi beberapa rekomendasi kulinernya yang akan dibahas pada artikel di bawah ini.

Makanan Khas Manado

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini 6 makanan asli Manado yang wajib untuk dicicipi:

1. Tinutuan

Tinutuan adalah makanan khas Manado yang paling populer hingga ke penjuru Indonesia. Saking terkenalnya, kota Manado pun dijuluki dengan Kota Tinutuan.

Tinutuan merupakan bubur khas Manado yang disajikan dengan berbagai sayuran yang sehat. Bubur ini tidak mengandung daging sama sekali lho!

Bubur ini paling enak dimakan pada pagi hari sebagai sarapan. Orang Manado biasanya menyajikan bubur ini dengan lauk lain seperti perkedel jagung, ikan asin dan sambal roa.

2. Ayam Rica-Rica

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Hampir semua orang di Indonesia pasti mengetahui Ayam Rica-Rica.

Ayam Rica-Rica adalah kuliner khas Manado yang berbahan dasar ayam. Daging ayam tersebut dimasak dengan bumbu cabai yang menjadikan kuliner ini sangat pedas.

Dalam bahasa Manado sendiri, ‘Rica’ berarti pedas atau cabai. Bila Anda pecinta pedas, maka Anda wajib mencoba kuliner yang satu ini.

Ayam Rica-Rica mudah ditemukan di berbagai restoran di Indonesia tidak hanya di Manado. Anda pun bisa mencoba untuk memasak menu ini di rumah untuk keluarga Anda.

3. Cakalang Fufu

Cakalang fufu adalah jenis ikan cakalang yang mudah ditemukan di perairan Manado. Tak heran, banyak kuliner manado yang menggunakan ikan cakalang sebagai bahan utamanya.

Cakalang Fufu adalah hidangan utama khas Manado yang terbuat dari ikan cakalang fufu yang dibelah menjadi dua. Kemudian, ikan tersebut dilumuri bumbu dan diasap.

Karena melalui proses pengasapan, kuliner ini tahan hingga satu bulan lamanya dalam suhu ruangan. Makanya, banyak wisatawan yang menjadikan Cakalang Fufu sebagai oleh-oleh untuk kerabat atau keluarga.

4. Sambal Roa

Setiap daerah di Indonesia memiliki sambal yang khas dan berbeda dengan daerah lainnya. Sama halnya dengan Kota Manado, kota ini memiliki sambal khas yang disebut dengan Sambal Roa.

Sambal Roa adalah sambal yang terbuat dari ikan roa yang dikeringkan selama beberapa hari yang kemudian dihaluskan bersama dengan bumbu-bumbu khas Manado.

Sambal yang satu ini sangat terkenal dan mudah ditemukan dimana-dimana. Sambal ini paling enak disajikan dengan gorengan, lauk pauk dan nasi yang panas.

Bila, Anda belum pernah memakan Sambal Roa maka Anda wajib untuk mencicipinya!

5. Ayam Isi Buluh

Masakan khas Manado lainnya yang patut Anda coba adalah Ayam Isi Buluh. Olahan Ayam yang satu ini sangat terkenal dengan rasanya yang sangat lezat.

Ayam Isi Buluh terbuat dari daging ayam yang dicincang-cincang kemudian dimasak dengan bumbu seperti cabai rawit, cabai merah, serai, jahe, kunyit, kemangi, daun jeruk dan bawang.

Setelah dimasak, tumisan ayam tersebut dibungkus menggunakan daun pisang dan dimasukkan ke dalam bambu atau dalam bahasa Manado berarti ‘buluh’.

6. Sayur Ganemo

Di Manado ada olahan sayur yang cukup unik yakni dikenal dengan Sayur Ganemo. Sayur khas Manado ini memiliki cita rasa yang unik dan sehat bagi tubuh.

Sayur Ganemo terdiri dari daun melinjo, bunga pepaya dan labu kuning. Sayur ini merupakan makanan legendaris yang ada sejak zaman dulu.

Untuk mendapatkan Sayur Ganemo di Manado tidaklah sulit. Banyak restoran di sudut kota Manado yang menjual Sayuran klasik ini.

Nah, itu tadi 6 rekomendasi makanan khas Manado. Kira-kira makanan mana yang ingin Anda coba?

Anda mungkin juga suka...